RSS – Overview

Posted by Rozaq D' Acewell™

Hmm, kenapa saya ingin membuat posting tentang RSS? Karena setelah memasang koneksi internet di rumah pakai starone, baru terasa manfaat RSS.
RSS itu kepanjangannya apa sih ? RDF Site summary atau Really Simple Syndication ? Terdapat banyak versi kepanjangan RSS. Tapi berdasarkan beberapa ebook yang aku baca, kepanjangan RSS adalah :

  • RSS 1.0 : RDF Site Summary
  • RSS 2.0 : Really Simple Syndication
Sebenarnya apa itu RSS?
RSS adalah anggota keluarga dari XML. RSS merupakan pengembangan dari format file XML. RSS juga terdiri dari tag-tag yang identik dengan kurung siku. Pada saat anda mengunjungi sebuah situs, apakah anda pernah melihat icon berwarna oranye seperti ini ? Atau mungkin anda sedang melihat icon itu dibrowser. Kalau pakai Firefox biasanya ada di bagian kanan Addres URL.
Kegunaannya RSS ?
RSS memungkinkan kita untuk mendapatkan update terbaru dari situs tersebut tanpa harus mengunjungi situs tersebut. Bagaimana caranya? Mari kita mulai
Anda sedang buka blog saya ? kalau pakai Firefox cukup klik icon. Kalau pakai Internet Explorer 7 klik pada menu yang ada icon RSS tersebut. Kalau Opera kurang lebih sama dengan Firefox. That’s it. Jika pakai firefox anda akan dibawa ke halaman yang isinya feed dari situs tersebut dan akan ditanyakan dengan apa anda akan membuka feeds tersebut. Kurang tau kalau browser lain, tapi kurang lebih sama. Jika pakai Opera mungkin akan ditanyakan konfirmasi terus akan ditampilkan feeds dari situs tersebut.
Sebenarnya selain RSS ada juga yang namanya Atom. Kurang tahu apa perbedaannya tapi kegunaannya sama dengan RSS. Tapi dari format tag jelas berbeda dengan RSS. Mungkin nanti akan dibahas lebih lanjut tentang Atom, yang penting sekarang RSS dulu.